KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Jakarta, Maret 2012
Penyusun
Daftar Isi
KATA PENGANTAR
...................................................................................... 1
DAFTAR ISI ...................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN......................................................................... 3
A.
Latar
Belakang.......................................................................... 3
B.
Tujuan
Penulisan....................................................................... 3
C.
Rumusan
Masalah..................................................................... 4
BAB II ..... PEMBAHASAN ........................................................................... 5
A.
Hakikat
Sekretaris..................................................................... 5
1.
Definisi
Sekretaris............................................................... 5
2.
Jenis
– jenis Sekretaris........................................................ 5
3.
Tugas Sekretaris.................................................................. 6
4.
Syarat
– Syarat Sekretaris .................................................. 7
5.
Sikap
Seorang Sekretaris Dalam Bekerja............................ 8
6.
Penampilan
Sekretaris......................................................... 9
7.
Pakaian
Sekretaris............................................................... 11
B.
Hasil
Obsesvasi......................................................................... 13
1.
Biodata............................................................................... 13
2.
Pertanyaan
dan Jawaban..................................................... 13
BAB III PENUTUP ..................................................................................... 18
A. Kesimpulan .............................................................................. 18
B. Saran......................................................................................... 18
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ 19
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sekretaris
adalah seorang yang membantu seorang pimpinan atau badan pemimpinan atau
perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan administratife yang akan
menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau kegiatan operasional
perusahaan.
Ada beberapa
jenis-jenis sekretaris misalnya, sekretaris organisasi, sekretaris pimpinan,
dan sekretaris pribadi. Sekretaris pun mempunyai tuga masing-masing misalnya,
tugas rutin, tugas khusus, tugas istimiwa, tugas resepsionis, tugas sosial,
tugas keuangan, tugas administrative dan tugas Business Meeting.
Sekretaris juga
harus memperhatikan penampilanya dengan baik, agar terlihat sopan dan rapih. Dalam
berpenampilan sekretaris harus berpenampilan yang rapih, baik, dan sopan
seperti : cara berpakaian, cara berdanda, cara bersikap, dan lain-lain. Bukan
hanya berpenampilan saja yang diutamakan tapi
sekretaris juga harus berpendidikan dan terampil.
B.
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah :
1.
Untuk
mengetahui tentang sorang sekretaris.
2.
Untuk
mengetahui tentang berpakaian yang baik.
3.
Untuk
memahami apa saja tugas seorang sekretaris.
C.
Rumusan
Masalah
Dengan
segala bentuk keterbatasan kita, maka dalam makalah ini kami tidak begitu
terperinci dalam menjelaskan tentang kesekretarisan. Adapun yang kami jelaskan
di sini rumusan masalahnya sebagai berikut:
1.
Apa
definisi sekretaris ?
2.
Apa
jenis – jenis sekretaris ?
3.
Apa
tugas – tugas seorang sekretaris ?
4.
Apa
syarat – syarat seorang sekretaris ?
5.
Apa
saja sikap seorang sekretaris dalam bekerja ?
6.
Seperti
apa penampilan seorang sekretaris ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Hakikat
Sekretaris
1.
Definisi
Sekretaris
Sekretaris adalah seorang yang membantu seorang pimpinan atau badan
pemimpinan atau perusahaan, terutama untuk penyelenggaraan kegiatan
administratife yang akan menunjang kegiatan manajerial seorang pemimpin atau
kegiatan operasional perusahaan.
Sektretaris = * Secretum (
Rahasia )
Dapat menyimpan rahasia perusahaan atau
atasan.
* Tangan Kanan Pimpinan.
* Membantu
pimpinan mencapai tujuan perusahaan dalam hal bertanggaung jawab atas
kelancaran administarsi perusahaan, khususnya yang menyangkut atasan.
* Mitra kerja.
2.
Jenis-jenis
Sekretaris
v Sekretaris Organisasi adalah seorang office manager yang memimpin
suatu sekretariat dari suatu perusahaan atau instansi pemerintah tertentu. (
Contoh : Business Secretary, Company Secretary, sekretaris Jenderal di Departemen, Sekretaris Wilayah
Daerah )
v Sekretaris Pimpinan adalah tangan kanan pimpinan yang bertugas
melaksanakan pekerjaan kantor untuk pimpinannya, pegawai dari suatu organisasi.
v Sekretaris Pribadi adalah seseorang yang menyelaksanakan aktivitas
kantor untuk membantu kepentingan seseorang tertentu dan bersifat pribadi. (
contoh : Sekretaris Pribadi seorang Artis )
3.
Tugas
Sekretaris
Ada
beberapa tugas seorang sekretasis, antara lain :
¬ Tugas Rutin = Tugas yang harus dikerjakan setiap hari tanpa
memerlukan
perintah khusus atau pengawasan khusus. ( Contohnya : Membuka surat, menerima
tamu, menerima telephone, menyusun dan membuat jadwal )
¬ Tugas Khusus = Tugas yang diperintahkan oleh pimpinan dengan
Penyelesaian
secara khusus yang dimintai pendapatnya. ( Contoh : Mengonsep surat perjanjian,
menyusun surat rahasia, membeli kado )
¬ Tugas Istimewa = Tugas menyangkut keperluan pimpinan, seperti
:
bertindak
sebagai penghubung penerus informasi, mengingatkan pimpinan membayar iuran,
mendampingi rapat dinas, memeriksa peralatan kantor.
¬ Tugas Resepsionis = Tugas sebagai penerima tamu, seperti :
menerima
atau
menjawab telephone serta mencatat pesan lewat telephone, menerima tamu,
mencatat janji untuk pimpinan.
¬ Tugas Keuangan = Tugas mengelola keuangan, seperti : menangani
urusan keuangan pimpinan dengan
bank, membayar rekening, mengurus kas kecil mencatat dan menyediakan dana untuk
keperluan rutin.
¬ Tugas sosial = Tugas amal dan kemasyakatan, mengurus kantor
Pimpinan, mengatur penyelenggaraan
kegiatan beserta undangan, menyumbang untuk amal atau bakti sosial.
¬ Tugas Insidental = Tugas yang dilaksanakan pada waktu dan
keadaan
tertentu, seperti : menyiapkan agenda rapat, menyiapkan laporan atau penyataan
pimpinan, mewakili pimpinan, membantu iktisar dari berita.
¬ Tugas Administrasi = Menyelenggarakan korespondesi,
mengerjakan
kearsipan, menyampiakan informasi, hubungan melalui telephone, mengatur jadwal,
mengoprasikan berbagai alat, mengurus perjalanan dan akomodasi.
¬ Tugas Business Meeting = Waktu dan tempat harus diperhatikan,
Makanan
dan minuman disediakan, kertas kerja dan alat tulis disediakan, memastikan
undangan.
4.
Syarat
Sekretaris
Ø Syarat Pendidikan
= a. pendidikan minimal SMA
b. mempunyai pengetahuan yang
luas seperti tentang organisasi atau perusahaan.
Ø Syarat Keterampilan =
a. mampu menguasai dan menggunkan
Bahasa
Indonesia yang baik dan benar
b. mampu menguasai minimal satu bahasa Asing.
c. mampu melaksanakan
tugas-tugas administrative.
d. mampu menggunakan mesin
kantor
e. menguasai IPTEK.
5.
Sikap
Seorang Sekretaris Dalam Bekerja
Ada 5 sikap
bekerja yang harus dimiliki setiapsekretaris professional :
a.
Ketelitian
Sekretaris
harus membiasakan diri untuk bersikap teliti dan hati-hati dalam bekerja. Bila
seorang sekretaris tidak dalam bekerja akan mengakibatkan dua kemungkinan :
ü Pimpinan yang teliti akan menemukan banyak kesalahan dan terpaksa
harus meneliti kembali hasil pekerjaan sekretarisnya. Hal ini membebani
pimpinan.
ü Pimpinan yang tidak teliti, akan terjerumus salah dan sekretaris
membuat gagal pimpinannya.
Untuk
memiliki sikap teliti, sekretaris harus latihan dan membiasakan diri
berkonsentrasi pada pekerjaan yang dihadapinya.
b.
Melaksanakan
pekerjaan secara sempurna
Sekretaris
mampu bekerja secara sempurna dan tuntas dari awal sampai akhir, tanpa banyak
instruksi, pimpinan hanya cukup member inti atau pokok permasalahannya saja,
maka sekretaris mampu mengerjakan keseluruhan bagian dari tugas ini.
c.
Mempertimbangkan
sebelum melaksanakan tindakan
Pikirkan
dengan matang sebelum melakukan suatu tindakan akan memperkecil resiko yang
dihadapi sekretaris sehingga tidak merugikan pimpinan atau organisasinya. Untuk
itu sekretaris perlu memperhatikan langkah-langkah berikut ini :
ü Mendalami masalah yang dihadapi
ü Mempelajari dan menganalisis keterkaitan masalah yang dihadapi
dengan factor-faktor lain.
ü Membuat beberapa alternatif dengan membuat solusi masing-masing,
lalu pilihlah solusi dengan resiko yang minimal.
ü Bertindak sesuai dengan pertimbangan yang sudah dilakukan.
d.
Panjang
Akal
Sikap
tidak gampang menyerah apabila menemui kesulitan dalam pekerjaan. Ia harus
mencoba berbagai cara untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya, dengan
memakai akal sehatnya sebagai alat penuntun.
e.
Inisiatif
Kemampuan
mencari jalan keluar secara mandiri dari setiap permasalahan yang dihadapinya.
Sikap ini dibutuhkan sekretaris untuk menjalankan tugas kreatif. Untuk
memberikan inisiatif, sekretaris perlu memperhatikan :
ü Dalam batas wewenang sekretaris
Ia
boleh langsung mengerjakannya, misalnya memperindah hiasan ruangan, merapikan
dan menyusun nomor-nomor telepon.
ü Di luar wewenang sekretaris
Ia
sebaiknya berkonsultasi dengan pimpinan sebelum melakukan tindakan itu.
Contohnya mengubah tata letak ruangan kantor, membeli peralatan kantor yang
baru dan lain-lain.
6.
Penampilan
Sekretaris
Sekretaris
harus berpenampilan baik, rapi, dan bersih, karena penampilan merupakan keadaan
lahiriah yang tampak oleh orang lain. Orang lain dapat melihat sifat,
kebiasaan, status sosial, selera dan gaya hidup seseorang dari penampilannya.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penampilan :
1.
Pembawaan
Sejak Lahir.
Ada
orang yang sejak dilahirkan berpenampilan cantik, manis, ataupun ganteng, namun
ada pula orang yang kurang beruntung dalam penampilan fisiknya. Bila anda
termasuk kedalam kelompok yang kurang beruntung, jangan putus asa. Setiap
manusia diciptakan Tuhan sevara unik, setiap orang memiliki kelebihan
masing-masing. Yang penting anda harus menerima diri apa adanya.
2.
Kesehatan
Lahir Batin
Seseorang
akan sehat apabila mengkonsumsi gizi yang cukup dan berimbang, disertai sengan
olahraga yang cukup. Sekretaris yang sehat tentu akan lebih mudah
berkonsentrasi pada pekerjaannya dibandingkan dengan yang orang yang sering
saki.
3.
Kebersihan
Diri
Sekretaris
harus memberikan perhatian dalam urusan kebersihan dirinya, misalnya :
§ Rambut dirawat bersih tidak berketombe, ditata rapi dengan panjang
sebatas bahu. Jangan pernah menyisir rambut dihadapan tamu karena tidak sopan.
Bagi pria : rambut ditata rapih, tidak melebihi telinga dan karah baju.
§ Kulit wajah dirawat secara teratur, untuk wanita memakai tat arias
minimal pelembab kulit, bedak, dan lipstick. Jangan berlebihan dalam merias
diri, lebih baik bergaya sederhana karena ia bekerja dikantor, bukan kepesta.
§ Kulit tubuh dibersihkan khusus pada siku, lutut bagian belakang
karena mudah terkena kotoran atau daki.
§ Kuku tangan terawatt baik dan bersih, jangan memelihara kuku
panjang, tidak diperkenankan memakai cat kuku berwana yang mencolok.
§ Mulut dan gigi harus selalu bersih, jangan mengkonsumsi makan yang
berbau tajam seperti, jengkol, petai, durian, dan lain-lain.
§ Bau badan yang menyengat akan sangat mengganggu dalam berhubungan
dengan orang lain, karena itu pakailah minyak wangi yang terpercaya.
4.
Latar
Belakang Sosial Ekonomi dan Budaya.
Perbedaan
latar belakang sosial – ekonomi dan budaya akan menimbulkan pula perbedaan
dalam gaya dan selera. Pakailah pedoman dimana bumi diinjak disitu langit
dijunjung, artinya senantiasa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi anda
berada.
7.
Pakaian
Sekretaris
Pakaian yang
baik, bersih, pantas dan tepat akan menambah rasa percaya diri seseorang
sekaligus kepercayaan orang kepadanya. Walaupun tidak ada peraturan tertulis
yang mengatur tentang pakaian. Namun ada beberapa pedoman yang dapat diikuti
dalam berpakaian bila anda bekerja, yaitu :
a.
Kantor
Hukum, Asuransi dan Bank
Sebaiknya
memakai busana dengan gaya konservatif. Pakaian warna konservatif adalah biru,
beige atau coklat. Anda dapat memakai setelan blazer dengan rok sopan sepanjang
lutut atau bawah lutut. Sentuhan warna ataupun corak dapat diterapkan pada
blus. Tata rias rambut dan wajah harus wajar.
b.
Public
Relations
Anda
dapat tampil lebih ceria. Akan tetapi bila berhadapan dengan orang-orang yang
berkecimpung dalam bidang hukum ataupun banker, sebaiknya berdandan konservatif
untuk mengimbanginya.
c.
Arsitek,
Biro Iklan dan Artistik
Bila
anda bekerja di bagian kreatif memungkinkan anda tampil lebih ceria atau modis.
Akan tetapi bila anda dibagian font office sebaiknya tampil konservatifjanagn tampil
lusuh ataupun kusam.
d.
Marketing
Penampilan
anda dapat lebih kasual dan trendy, namun jangan berlebihan.
Memilih
Pakaian
a.
Setelan
Buatlah
setelan pakaian dari bahan yang baik, dijahit oleh penjahit yang bermutu baik.
Pilih model yang konservatif karena tidak akan ketinggal mode. Usahakan bagian
dada tertutup.
b.
Rok
Pilihlah
rok dengan warna warna-warna netral agar mudah dipadupadankan. Panjang rok pada
saat berdiri paling pendek adalah 3cm di atas lutut. Jangan memakai rok yang
terlalu lebar.
c.
Blouse
Dapat
dipadankan dengan setelan atau dengan rok bawah. Pilihlah bahan yang sejuk dan
nyaman seperti : katun, sutra, rayon ataupun nylon.
d.
Gaun
Bagi
anda yang memiliki tubuh yang langsing, dapat saja memakai gaun yang dibuat
dengan bagus. Anda bisa menambahkan aksesoris seperti bross, ikat pinggang atau
syal.
e.
Sepatu
Perhatikan
kebersihan sepatu, sebaliknya diperiksa sebelum dipakai. Tinggi tumit minimal 5
cm, dari bahan kulit, bermodel tertutup, warna sepatu yang paling fleksibel
adalah warna hitam dan coklat. Sepatu putih hanya cocok bagi anda yang memiliki
betis yang kecil dan indah.
f.
Aksesoris
Pemakaian
aksesoris yang tepat akan memperindah penampilan sekretaris. Jangan sampai
aksesoris mengganggu gerak kerja anda. Juga jangan berlebihan. Sebaiknya jangan
memakai cincin, gelang, kalung, giwang dan bross sekaligus. Aksesoris yang
lazim digunakan adalah giwang dan arloj.
B.
Hasil
Observasi
a.
Biodata.
Nama : Dina Novina
Pendidikan : S1 Sastra Jepang
Perusahaan : PT ASNO HORIE INDONESIA
Alamat Perusahaan : Kawasan East Jakarta Industri Park,
Plot 8k-2 Cikarang Barat.
Jabatan : Sekretaris
b.
Pertanyaan
dan jawaban.
1.
Sudah
berapa lama anda kerja di perusahaan ini dan menjadi sekretaris?
Jawaban = 3
tahun
2.
Apa
yang memotivasi anda menjadi seorang sekretaris ?
Jawaban = Agar
dapat belajar menjadi seorang pimpinan yang baik
3.
Apa
saja Job Description anda menjadi seorang sekretaris ?
Jawaban = Menyusun
schedule meeting baik internal maupun eksternal, mengatur jadwal kegiatan,
reservasi (hotel, rest, penerbangan, dsb)
4.
Apa
saja ruang lingkup tugas sekretaris ?
Jawaban = Ruang
lingkup seoran sekretaris sangat luas tugas utamanya sebagai wakil/ assisten
pimpinan dalam melakukan tugasnya. (pelaksana tugas harian)
5.
Menurut
anda bagaimana cara menjadi sekretaris yang professional ?
Jawaban = Untuk menjadi sekretaris yang propesional
tentunya harus mempunyai pribadi yang baik, supel, berwibawa,tegas, jujur dan
dapat memegang kepercayaan.
6.
Menurut
anda bagaimana seorang sekretaris dalam menghadapi era globalisasi seperti
sekarang ini ?
Jawaban = Harus
senantiasa mengikuti perkembangan/kemajuan teknologi, informasi dan mengikuti
pelatihan-pelatihan agar dapat terus berkembang
7.
Apa
suka dan dukanya menjadi seorang sekretaris ?
Jawaban = Sukanya
pada saat sukses dalan prestasi. Dukanya pada saat miss komunikasi yang menjadi
problem walaupun tidak sepenuhnya kesalahan kita .
8.
Pengalaman
apa yang paling menarik selama menjadi sekretaris ?
Jawaban = pada
saat ditugaskan khusus untuk menyambut tamu penting VIP karena dapat
berinteraksi langsung dengan orang penting.
9.
Bagaimana
sikap dan langkah yang perlu diambil oleh seorang sekretaris bila pimpinan
mengalami emosi yang tidak stabil sehingga sekretaris yang dimarahi ?
Jawaban = Sikap kita harus
tetap tenang dan jangan terpengaruh. Kita harus menghargai pimpinan karena
beliau juga tak sempurna.
10.
Pernah
terbayang tidak sebelumnya mempunyai cita-cita dan menduduki jabatan menjadi
sekretaris ?
Jawaban = Tidak
11.
Kekuatan
dan kekuasaaan yang seperti apa yang yang harus dimiliki oleh seorang
sekretaris ?
Jawaban = Seorang sekretaris harus mempunyai sikap yang
tegar, luwes, supel, kekuatan yang dimiliki oleh seorang sekretaris pada saat
pendapatannya/usulannya didengar/diterima oleh pimpinan.
12.
Dapat
dilihat dari apanya seorang sekretaris yang mempunyai kekuatan dan kekuasaan di
perusahaan ?
Jawaban = Keberaniannya dalam membuat keputusan dan mengtur
stabilitas kerja dilapangan.
13.
Kualitas
sekretaris yang seperti apa yang cocok oleh perusahaan yang dapat menciptakan
kekuatan dan kekuasaan ?
Jawaban = Sekretaris yang tegas, bertanggung jawab
namun bijaksana.
14.
Apakah
menurut anda kekuatan dan kekuasaan tersebut dapat membantu mempermudah
pekerjaan anda diperusahaan ini ? contoh (manfaat) ?
Jawaban = Tidak
selalu demikian.
15.
Menurut
anda apakah yang harus dilakukan untuk bisa mempunyai kekuasaan seperti yang
anda miliki saat ini ?
Jawaban = Usaha,
pengalaman dan kerja keras
16.
Apakah
ada saran bagi sekretaris yang ingin memiliki kekuatan dan kekuasaan yang dapat
diperoleh dari kualitas kerjanya ?
Jawaban = 1.
Harus mempunyai pribadi yang baik
2. Jujur
3. Dapat dipercaya
4. Tidak mudah puas
5. Bertanggung jawab
17.
Mengapa
anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini ?
Jawaban = Mencari tantangan baru dan menambah wawasan
dunia kerja.
18.
Apa
yang membuat anda menjadi tertarik dengan perusahaan ini ?
Jawaban = 1.
Ruang linkup kerja yang luas
2.
Sebagai
salah satu vendor untuk perusahaan otomotif terbesar di jepang
19.
Tanggung
jawab apa yang penting dalam pekerjaan ?
Jawaban = 1. Menjaga informasi yang sifatnya
konvidencial (rahasia perusahaan)
2. Mengatur
stabilitaskerja dan berani membuat keputusan
20.
Sebutkan
dua hal yang memotivasi anda dalam pekerjaan ?
Jawaban = 1. Agar bias menjadi pimpinan yang
baik
2. Senantiasa mengikuti
pelatihan-pelatihan agar dapat terus berkembang (wawasan yang luas)
21.
Apa
dan bagaimana untuk memotivasi anda dalam menyelesaikan tugas yang dianggap
sulit ?
Jawaban = Berkonsultasi
dengan atasan atau mengerti dibidang pekerjaan tersebut.
22.
Apa dan bagaimana untuk memotivasi anda agar
menjadi sukses dalam pekerjaan ?
Jawaban = 1.
Mau mempelajari hal-hal baru dalam pekerjaan
2.
Membuka
diri dalam memperoleh wawasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar